Jenis Android Dari Yang Lama Hingga Terbaru

Hampir semua orang pasti mengenal ini . Yaitu Google dan Android, betul kini bagaikan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Mengapa bisa seperti itu ya?. Ternyata pada Juli 20015 Google membeli sebuah perusahaan bernama Android. Setelah pengakuisisian oleh Google perusahaan tersebut menutup diri. Kemudian rumor tersebar bahwa Google tengah mengembangkan ponsel.  Rumor tersebut akhirnya menjadi kenyataan pada November 2007. Mereka merilis sebuah ponsel.  Google dan juga sistem operasi mobile baru yang disebut Android, menamai setiap rilis versi terbarunya dengan nama makanan ringan penutup. Selain itu, coba Anda perhatikan huruf pertama dari tiap penamaan versi Android yang berurutan sesuai abjad, yakni C,D,E,F,G,H,I,J,K. Apakah itu benar? Pasti kalian  bingung , yuk mari kita  simak! 
Android 1.0 (2008) 


       Sistem operasi pertama yang dibuat Google ini bisa dibilang sebagai Android yang baru lahir dan yang masih sangat sederhana. Pengguna diajak beradaptasi dengan peradaban baru dalam menjajal sebuah perangkat telekomunikasi mobile.  Awal mula smartphone berbentuk qwerty inilah google menciptakannya. Ada yang masih menetap hingga sekarang yaitu dua komponen pada Android 1.0 yang masih digunakan sekarang adalah widget aplikasi, serta toko aplikasi Google Play Store yang kala itu bernama "Market". Sistem operasi ini juga menyatukan layanan Gmail
Android 1.5 Cupcake (2009) 

        Ini pertama kalinya Android  menggunakan nama kudapan manis. Yang tradisi tersebut dipertahankan hingga sekarang. Pada Cupcake, dua pembaruan signifikan pada Cupcake juga meliputi kemampuan perekaman video dengan kamera ponsel, serta kemampuan keyboard layar sentuh.
Android 1.6 Donut (2009)  

            Pada versi ini, Google mengumumkan bahwa Android bisa digunakan untuk perangkat mobile dengan ukuran layar berapa saja.Android Donut menghadirkan kolom pencarian pada antarmuka ponsel. Pengguna bisa mencari informasi di internet, file lokal, kontak, dan apa saja secara lebih cepat dengan kolom tersebut.
Android 2.0 Eclair (2009) 

         Eclair menjadi Android pertama yang menghadirkan layanan navigasi Google Maps. Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada peramban sehingga bisa memutar video. Kemampuan membuka layar alias unlock-screen dengan mekanisme menyapu atau swipe juga diperkenalkan pada Eclair. 
Android 2.2 Froyo (2010)

           Ada beberapa pembaruan pada Froyo dibandingkan pendahulunya. Tentu saja  menjadi yang pertama mendapat update Android tersebut. Froyo juga menambah pilihan keamanan penguncian bagi pengguna. Dari yang sebelumnya cuma penguncian pola (pattern lock), belakangan dilengkapi dengan opsi penguncian PIN atau PIN lock.
Android 2.3 Gingerbread (2010) 

 Google pun membangun versi Gingerbread dengan kemampuan kamera depan untuk membidik foto mandiri. Pada versi ini, pengguna juga bisa melihat desain ulang antarmuka yang cukup signifikan. Selain itu, dari segi fungsi, Gingerbread memungkinkan pengguna memencetkeyboard virtual secara berbarengan alias multitouch. Kemampuan ini dipertahankan hingga sekarang dengan berbagai peningkatan kinerja.
Android 4.0 Ice Cream Sandwich (2011)

     Beberapa pembaruan fitur lainnya mencakup kemampuan membuka layar menggunakan wajah (face unlock), analisa penggunaan data internet, serta paket aplikasi bawaan dari vendor yang mencakup kalendar, mail, kalkulator, dan lainnya.
Android 4.2 Jelly Bean (2012) 

          Nah, ini dia versi Android yang membawa pembaruan cukup signifikan setelah beberapa kali update yang dilakukan Google hanya membawa perbedaan minor. Salah satunya, Jelly Bean memungkinkan pengguna menggulir (scroll) cepathome screen ke bawah untuk melihat kumpulan informasi penting. Selain itu, Jelly Bean merupakan upaya pertama Google untuk menghadirkan asisten digital yang dinamai Google Now
Android 4.4 KitKat (2013) 

       Butuh setahun bagi Google untuk menghadirkan KitKat. Versi Android ini memberikan suasana yang segar dengan pembaruan antarmuka beraksen putih dan biru muda. Pada KitKat, Google menghadirkan perintah pencarian menggunakan suara atau disebut "Ok, Google". Fitur ini dirundung puji-pujian dari para pakar teknologi.
Android 5.0 Lollipop (2014) 

        Inovasi kurang terasa pada versi ini. Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW. Format itu memungkinkan para ilustrator, fotografer, atau graphic designer menyimpan file dengan ukuran besar agar bisa diedit tanpa mengurangi kualitas.
Android 6.0 Marshmallow (2015) 

        Ditambahkannya fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penggunaan memori pada tiap aplikasi. Rentan waktu pengecekannya bisa disetel dari tiga jam yang lalu hingga 24 jam sebelumnya. Pembaruan kedua ditilik dari pengaturan volume. Pada Marshmallow, pengguna bisa mengontrol volume yang berbeda-beda pada panggilan, media, dan alarm. Keamanan juga mendapat peningkatan pada versi ini. memungkinkan vendor menyematkan sensor pemindai sidik jari karena sudah didukung Marshmallow.
Android 7.0 Nougat (2016) 

         Nougat adalah versi Android termutakhir yang baru diperkenalkan pada ajang kumpul developer Google I/O, pertengahan 2016 ini. Beberapa lama setelahnya, Google menghadirkan Nougat secara resmi untuk publik. Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai varian.  Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platformvirtual reality terbaru Google. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Inovasi Canggih Keluaran Google

Evolusi Jaringan Internet

Teknologi 3D Bisa Membuat Sepatu Memperbaiki Sendiri Kerusakannya