Teknologi ini Bisa Mempermudah Aktivitas Manusia

        Dunia teknologi kini sudah sangat berkembang dengan pesatnya. Teknologi seakan-akan sudah menjadi darah daging di kehidupan kita. Karena teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih efektif dan efisien.  Sejumlah hal unik pun mulai ditemukan dan dikembangkan demi memudahkan kebutuhan hidup manusia. Dan saat ini sudah ada beberapa teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Kira-kira apa saja sih itu?  
Mesin Pelipat Pakaian  

         Baru-baru ini sebuah perusahaan start up FoldiMate, di kota San Fracisco. Berhasil menciptakan perangkat yang dapat meringankan tugas tersebut. Alat ini berukuran setinggi 81 cm dan lebar 71 cm. Dan alat ini disebut-sebut cukup ringkas untuk berada di dalam ruang cuci dan dapat dengan mudah dipindahkan ke ruang lain. Beratnya pun hanya 29,5 kg. Selain melipat, alat ini menyeterika baju dengan cara mengurangi lecek pada pakaian karena memiliki mesin uap sendiri. Perusahaan FoldiMate mengaku hanya perlu sekitar 10 detik untuk melipat baju. Perlu tambahan 20 hingga 30 detik untuk menghilangkan kusut pada pakaian.  Wah sangat cocok buat ibu rumah tangga dan bisa meringankan beban. 
Jam Pintar Tanpa Baterai 

        Pengguna jam tangan pintar ini tidak perlu mengisi atau mengganti baterai.  Dengan memanfaatkan prinsip kerja jam tangan otomatis menjadikan Sequent jam tangan pintar pertama di dunia yang tidak memerlukan baterai. Asupan daya ke semua komponen yang dibawanya memanfaatkan mesin jam otomatisnya yang akan mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Sebagai sebuah jam tangan pintar, Sequent menawarkan fitur notifikasi dan pemantau kebugaran tubuh dengan dukungan sensor pemantau detak jantung. Jam tangan pintar ini juga telah dilengkapi dengan modul GPS dan Bluetooth. Selain itu Sequent dirancang untuk kompatibel dengan smartphone iOS dan Android lengkap dengan aplikasi pendukungnya.   


Mobil Tanpa Pengemudi  

        Di masa depan, mobil otonom bakal membanjiri industri otomotif dunia. Pabrikan asal Jepang, Toyota pun siap memperkenalkan teknologi mobil otonom yang tak memerlukan sopir. Beberapa konsep mobil tanpa sopir Toyota dan Lexus dipamerkan di Tokyo Motor Show. Setidaknya, Toyota atau Lexus akan membawa teknologi mobil otonom pada 2020. Toyota punya dua mode mengenai teknologi mobil tanpa sopir. Keduanya adalah Chauffeur dan Guardian. 
       "Chauffeur adalah benar-benar mobil otonom, tanpa perlu sopir memegang kendali mobil. Sedangkan Guardian adalah bantuan berkendara lebih aman saat sopir manusia mengendalikan mobilnya," kata Kiyotaka Ise, Chief Safety Technology Officer Toyota Motor Corporation saat presentasi soal teknologi maju dari Toyota di Pasifico Yokohama, Jepang. Dengan mode Chauffeur, pengguna bisa membiarkan mobil berjalan sendiri. Misalnya, penyandang disabilitas atau orang yang malas mengendarai mobil ketika macet bisa menaiki mobil dengan mode itu tanpa harus memegang setir. Dengan mode ini, mobil bisa berjalan sendiri, bisa berbelok sendiri, bahkan menghindari tabrakan.
       Sementara ketika menggunakan mode Guardian, fitur-fitur keselamatan aktif akan membantu pengemudi. Mobil yang dibuat Toyota ini memiliki kamera yang bisa membaca mata atau kepala pengemudi ketika pengemudi tidak fokus berkendara. Misalnya, ketika pengemudi mengantuk dan tiba-tiba tertidur, sistem otonom akan aktif. Contoh selanjutnya, kalau di depan ada rintangan yang tidak terlihat oleh pengemudi, mobil secara otomatis juga akan menghindari tabrakan. 

Sandal Penggerak Otomatis  

Baru-baru ini perusahaan otomotif Nissan Motor, menggabungkan teknologi serta tradisi dalam sandal otomatis yang bisa merapikan diri sendiri. Mengambil ide dari mobil yang bisa memarkir dirinya sendiri, Nissan Motor mengembangkan sandal yang dinamakan 'ProPilot Park Ryokan'. Sandal-sandal ini nantinya akan digunakan di penginapan tradisional di Jepang. Cara kerjanya sandal-sandal yang tidak lagi digunakan oleh tamu dan dibiarkan berserak di lantai, akan bergerak dan merapikan dirinya berjajar dengan pasangannya. Setiap sandal memiliki dua roda kecil, motor dan sensor yang telah disederhanakan. . 
       "Sandal otomatis ini dibuat untuk memberikan kenyamanan akan teknologi penggerak otomatis, berupa aplikasi non mengemudi," ujar juru bicara Nissan Nick Maxfield seperti dilansir dari lama Oddity Central, Selasa (30/1). Resor Hakone yang memiliki pemandangan indah Gunung Fuji, kemungkinan akan menjadi penginapan pertama yang mencoba produk pada Maret mendatang.
Selain sandal otomatis, kamar-kamar di penginapan ini juga akan dipenuhi sejumlah furnitur yang menggunakan teknologi yang sama. Menjadi penginapan ini memiliki ciri khas sebagai resor berteknologi tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Inovasi Canggih Keluaran Google

Evolusi Jaringan Internet

Teknologi 3D Bisa Membuat Sepatu Memperbaiki Sendiri Kerusakannya